Cara Mengobati Rematik Secara Alami dengan Obat Tradisional | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mengobati Rematik Secara Alami dengan Obat Tradisional


Penyakit rematik adalah penyakit umum yang sering menyerang pada usia 50 tahun ke atas. Biasanya disebabkan karena faktor usia yang sudah tua dan kondisi tulang yang sudah tidak kuat lagi. Rematik sendiri dalam istilah kedokteran sering disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan pada sendi yang kronis disebabkan oleh gangguan autoimun.

Rematik juga sering diartikan sebagai keadaan dimana selalu disertai rasa nyeri dan kaku pada sistem tulang otot dan terjadi gangguan pada jaringan ikat, jadi juga bisa dikatakan sebagai penyakit yang menyerang sendi, otot dan jaringan tubuh lainnya. 

Gejala umum rematik biasanya akan selalu terasa nyeri pada bagian sendi dan otot akan terasa kaku dan lemah. Biasanya juga menyebabkan pembengkakan pada bagian sendi, otot lemah serta gangguan otak. Kadang juga bisa terjadi peradangan pada bagian tertentu di otot, itulah yang membuat otot menjadi lemah.

Cara Mengobati Rematik 

Sebelum mengetahui cara mengobati rematik alangkah baiknya mengetahui apa sih penyebab rematik itu sendiri. Karena dengan mengetahui penyebab rematik, dimaksudkan penderita tidak mengulangi kesalahan yang sama yang dapat menimbulkan rematik kembali.

Cara Mengobati Rematik Secara Alami dengan Obat Tradisional
Ilustrasi cara mengobati rematik © shutterstock

Penyebab Rematik

Penyebab rematik sendiri belum diketahui secara pasti, akan tetapi menurut berbagai berbagai penelitian medis, rematik di duga diakibatkan oleh berbagai faktor seperti kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Perempuan sendiri diduga lebih rentan terkena penyakit rematik dibandingkan laki-laki. Pada wanita yang sudah terkena rematik, kehamilan dan menyusui dapat menyebabkan makin buruknya kondisi penderita rematik.

Jadi ada berbagai macam mitos yang mengatakan mandi malam dalam menyebabkan rematik itu tidak benar. Dan belum ada penelitian yang mengatakan bahwa mandi malam itu dapat menyebabkan rematik. Yang mungkin disini adalah faktor lainnya seperti keadaan tubuh seseorang, dan terjadi peradangan atau pembengkakkan otot.

Cara Mengobati Rematik dengan Obat Tradisional

Adapun obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati rematik adalah sebagai berikut :

1. Jahe

Jahe dipercaya dapat membuat tubuh menjadi hangat dan nyaman. Kandungan yang terdapat jahe dan mengurangi resiko pembengkakkan dan peradangan pada otot karena peredaran darah menjadi lancar. Adapun cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan jahe secukupnya. Jahe tersebut kemudian dipotong kecil-kecil kemudian sedikit diremukkan.

Rebus jahe yang sudah diremukkan tersebut dengan menggunakan air 1 gelas dan juga sedikit gula dan jika ada tambahkan sedikit madu murni. Jika sudah matang, minum ramuan tersebut setiap hari hingga rematik menghilang. 

2. Kulit Manggis

Kulit manggis memang mempunyai banyak sekali khasiat mulai dari mencegah kanker, diabetes, dan juga dapat mengobati rematik. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat kulit manggis ini sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Termasuk rematik ini salah satunya. Cara menggunakan adalah dengan diiris tipis kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu, masukkan kedalam gelas dan seduh dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari. Rasanya cukup pahit, jadi anda harus tahan meminumnya. 

3. Lengkuas

Cara mengobati rematik secara alami dengan menggunakan rempah alami memang terkenal cukup efektif dan murah. Cara mengobati rematik dengan menggunakan lengkuas sedikit berbeda dengan menggunakan jahe, karena memerlukan bahan tambahan seperti kuning telur. Anda harus menyiapkan satu butir telur ayam kampung serta lengkuas secukupnya. Haluskan lengkuas dan ambil sarinya saja lantas masukkan kuning telur yang telah disiapkan. Aduk kedua bahan tersebut menjadi satu kemudian diminum secara teratur sampai penyakit rematik yang anda rasakan menghilang. Untuk menambah rasa manis anda bisa menambahkan sedikit madu agar lebih enak untuk diminum.

4. Kumis Kucing dan Meniran

Obat tradisonal rematik satu ini adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tanaman tersebut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid. Selain kandungan tersebut, ternyata kumis kucing juga memiliki kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang berfungsi untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh (asam urat dan rematik sangat berkaitan). Adapun cara menggunakannya cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun kumis kucing dan 5 ranting kecil meniran. Setelah semua bahan tersedia, rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Lalu Anda dapat meminum ramuan tersebut 2 kali sehari sampai rasa sakit anda menghilang.

5. Daun Seledri

Cara mengobati rematik yang terakhir adalah dengan memanfaatkan daun seledri. Cara menggunakannya cukup gampang, anda bisa langsung mengkonsumsinya seperti memakan lalapan sayur. Atau dengan  menggunakan cara kedua yaitu dengan mempersiapkan 30-40 lembar daun seledri serta air panas. Cuci daun seledri sampai benar-benar bersih lantas siram dengan menggunakan air panas dan santaplah sebagai lalapan. Atau cukup dengan meminum air rebusan daun seledri secara teratur.

Selain daun seledri, biji seledri pun memiliki khasiat sama, yaitu untuk mengobati rematik. Caranya dengan merebus dua sendok biji seledri di dalam dua liter air dengan api kecil kurang lebih selama 3 jam kemudian angkat dan minumlah air rebusan biji seledri tersebut selagi panas sebanyak 1 gelas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumsi minuman tersebut 3 - 4 kali sehari sampai rematik anda benar-benar hilang.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close