Banyak yang Tidak Menyangka, Ternyata Minuman Ini Penyebab Batu Ginjal! | Dunia Informasi Kesehatan Banyak yang Tidak Menyangka, Ternyata Minuman Ini Penyebab Batu Ginjal!


Susu adalah minuman yang penuh dengan kalsium dan dipercaya bagus untuk pertumbuhan tulang. Sedangkan Teh adalah minuman zaman dulu yang sudah terkenal akan anti oksidannya yang sangat baik mencegah radikal bebas yang dapat beresiko penyakit kanker.

Tapi bagaimana bila ke dua minuman tersebut dicampur, apakah khasiatnya akan menjadi lebih baik? atau malah menjadi sumber penyakit karena zat-zat yang saling bertolak belakang. Ya, seperti yang kita ketahui minuman tersebut adalah "Teh Susu". 

Teh susu sekarang menjadi trend karena rasanya yang cukup unik, biasanya orang hanya meminum teh, atau susu saja. Tapi sekarang malah di kombinasi menjadi teh susu. Tahukah anda ternyata teh susu ini dapat berpotensi menyebabkan batu ginjal?

Banyak yang Tidak Menyangka, Ternyata Minuman Ini Penyebab Batu Ginjal
Teh susu © shutterstock
Untuk beberapa orang, teh susu adalah minuman favorit yang sangatlah disukai. Mereka menggunakan susu sebagai pemanis teh menukar gula. Kombinasi pada teh dan susu membuahkan satu rasa yang unik namun tetap lezat dan nikmat.

Inilah penjelasan mengapa kombinasi teh dan susu tidak baik untuk kesehatan anda!

Teh memiliki banyak zat antioksidan yang bertindak menyingkirkan efek radikal bebas yang berbahaya untuk pertumbuhan sel. Satu diantara senyawa antioksidan yang dimiliki teh yaitu catechin. Sedangkan susu memiliki protein yang bernama kasein yang bisa menghalangi kemampuan senyawa catechin pada teh. Alhasil, saat teh diminum bersama dengan susu, manfaat antioksidan pada teh jadi kurang maksimal.

Jika dipandang dari faedah susu, susu yaitu satu di antara sumber kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Minum susu dengan cara teratur berarti melindungi tulang agar selalu sehat dan kuat. Sayangnya, teh juga mengandung senyawa yang bernama asam oksalat. Senyawa ini akan dikeluarkan dari bersamaan dengan air kencing. Di dalam badan, senyawa asam oksalat dapat berikatan dengan kalsium dan membuat satu partikel yang biasa disebut dengan batu ginjal.

Berapakah besar ukuran partikel ini bergantung seberapa besar keterikatan asam oksalat dengan kalsium. Jika terus-terusan atau dalam jumlah besar pasti semakin besar juga partikel batu ginjal terbentuk. Semakin kerap mengkonsumsi teh susu, makin besar juga resiko terserang batu ginjal, terlebih jika tidak disertai dengan minum air putih yang banyak.

Nah, jadi tahu kan ternyata minum teh susu alias teh campur susu kurang baik untuk kesehatan bahkan bisa beresiko. Biasanya orang mencampurkan teh dengan susu cuma untuk menambah cita rasa. Namun mereka tak paham atau mungkin saja kurang perduli pada efek negatif yang disebabkan. 

Maka dari kita yang mengetahui informasi, sebarkan informasi ini agar keluarga dan kerabat kita terhindar dari resiko batu ginjal di atas. Jangan melihat sesuatu dari enaknya saja, tetapi lihat juga manfaatnya, apakah baik atau tidak untuk kesehatan kita.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.