Obat Tradisional Untuk Sakit Perut Pada Anak | Dunia Informasi Kesehatan Obat Tradisional Untuk Sakit Perut Pada Anak


Sakit perut dapat dikatakan dialami oleh semua orang tanpa terkecuali. Penyebab sakit perut yang diderita rata-rata memiliki penyebab yang tidak terlalu serius. Tak terkecuali dengan anak-anak yang juga sering mengalami sakit perut. Orang tua menjadi khawatir dengan perubahan fisik yang terjadi pada anaknya, misalnya yang sering terjadi pada beberapa anak yaitu perut yang terlihat buncit atau kembung.

Dengan keadaan yang seperti ini anak tersebut merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas apapun. Dalam situasi yang seperti itu, rata-rata orang tua kebingungan dalam mencari solusi untuk meredakan sakit perut untuk anaknya. Tetapi sekarang janganlah khawatir, banyak obat sakit perut anak yang tersedia di sekitar kita.

Obat Tradisional Untuk Sakit Perut Pada Anak
Ilustrasi sakit perut pada anak © shutterstock

Obat Sakit Perut Buncit Untuk Anak

Perut buncit merupakan keadaan yang pada bagian perut seperti membengkak atau mengalami penambahan ukuran. Perut buncit tersebut disebabkan oleh masuknya gas/angin yang ada di dalam rongga perut. Saat menderita sakit perut buncit, anak-anak sulit sekali untuk makan, karena di dalam perut terasa tidak nyaman dan perut terasa kenyang. Dengan hilangnya nafsu makan pada anak, lama-lama anak menjadi lesu dan hilang kekuatan karena tidak adanya asupan untuk sumber gizi. Oleh sebab itu, untuk menanggulangi perut buncit, orang tua sebaiknya sedia obat sakit perut anak dan menggunakan bahan yang alami.

Di Indonesia banyak sekali tumbuhan maupun buah yang dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan sakit perut pada anak. Salah satunya yakni jambu biji. Hampir seluruh bagian tanaman buah jambu biji dijadikan sebagai obat untuk diare. Dengan menggunakan daunnya, dengan mengambil 5 lembar saja dan sepotong akar tanaman jambu biji yang dicuci bersih dan direbus dengan 1,5 liter air dapat menyembuhkan diare dengan cepat. Jika anak tidak ingin meminumnya, ambillah saja manfaat buah jambu bijinya yang dibuat menjadi minuman jus yang diblender dengan susu dan air mineral. Dengan meminum jus jambu biji tersebut anak anda yang sedang sakit perut diare/mencret dapat sembuh. Jambu biji dapat dijadikan sebagai obat sakit perut anak yang alami dan menyegarkan. Selain jambu biji, kunyit juga dapat menjadi obat mencret. Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Maag dengan Cara Tepat

Penyebab Sakit Perut Pada Anak

Sakit perut yang dialami anak-anak tentunya memiliki sebab-sebab yang kurang diperhatikan oleh orang tuanya. Paling banyak kasus yang dialami anak-anak yang sakit perut kembung disebabkan oleh pola asupan makanan yang salah. Jika anak mengalami gejala sakit perut yang tak kunjung sembuh dalam waktu 24 jam, alangkah baiknya orang tua membawa buah hatinya periksa ke dokter agar dapat segera dilakukan penanganan secara medis. Selain itu, orang tua wajib memeriksa kembali jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak tersebut. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berasal dari gas juga menjadi faktor timbulnya perut kembung/buncit. Dengan kejadian tersebut yang tak terduga waktunya, orang tua harus selalu menyediakan obat sakit perut anak agar cepat diminum saat anak tersebut sakit.

Tips Menghilangkan Sakit Perut pada Anak

Dengan maraknya makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang berbahan pengawet, banyaknya kandungan MSG, dan makanan yang tidak layak dimakan menjadi penyebab utama anak-anak terserang sakit perut. Banyak penjual yang menjajakan dagangan makanannya yang sebenarnya tidak layak konsumsi, tetapi menarik mata anak-anak, tidak menghiraukan kesehatan yang akan ditimbulkan dengan dagangannya. Sebaiknya para orang tua menyediakan berbagai obat sakit perut anak di rumah, seperti minyak angin. Dengan ulah para pedagang tersebut orang tua sebaiknya waspada dan mengawasi anak-anak dalam memilih jajan, dan jika perlu jangan perbolehkan anak-anak jajan, lebih baik buatlah makanan jajan itu di rumah secara alami. Baca juga : Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar/ Sembelit pada Bayi

Di bawah ini beberapa tips untuk menghilangkan sakit perut pada anak karena pola makan yang salah, yaitu pertama, menambahkan serat makanan diporsi makan anak dengan ideal. Dengan sembelit yang dialami anak-anak disebabkan oleh kurangnya dalam mengkonsumsi makanan yang berserat. Padahal kunci perut yang sehat adalah serat yang ada di makanan. Makanan yang memiliki serat yang banyak terkandung dalam sayuran, buah, dan kacang-kacangan yang dapat dijadikan untuk obat sakit perut anak. Mengkonsumsi banyak makanan berserat juga tidak baik bagi tubuh karena akan menyebabkan perut menjadi kembung.

Kedua, berikanlah anak yogurt yang dapat mengoptimalkan proses pencernaan dan membasmi pertumbuhan bakteri yang jahat serta mengobati gangguan pencernaan yang ringan. Ketiga, kurangilah dalam mengkonsumsi gula pada anak. Gula jika ditambahkan dalam makanan dengan komposisi yang banyak akan menyebabkan banyaknya produksi gas dalam perut hingga perut anak menjadi kembung. Dengan mengurangi konsumsi gula dapat menjadi obat sakit perut anak yang sifat gula tersebut susah untuk dicerna.

Keempat, jauhkan minuman bersoda dari anak-anak, karena minuman bersoda menyebabkan perut anak menjadi kembung. Biasakanlah anak anda untuk mengkonsumsi minuman jus buah. Tips terakhir, kenalkan sifat dalam pencernaan pada buah hati anda. Sebagian anak mengalami intoleransi atau keadaan yang tidak tahan dengan beberapa makanan seperti susu dan kacang. Biasanya anak yang tidak suka mengkonsumsi susu tidak memiliki zat enzim yang mencerna susu, dan jika mengkonsumsinya maka akan terasa diare dan sakit perut. Secara tidak langsung, tips di atas dapat dijadikan sebagai pencegah sakit perut sekaligus obat sakit perut anak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.