Mengatasi Mata Kuning Dengan Bahan Alami | Dunia Informasi Kesehatan Mengatasi Mata Kuning Dengan Bahan Alami


Mata merupakan salah satu bagian yang sangat vital pada tubuh manusia, mata merupakan salah satu bagian dari panca indera yang tentunya sangat penting bagi kehidupan manusia. Memang sepatutnya kita bersyukur dianugerahi nikmat berupa mata yang sehat sehingga kita masih bisa melihat keindahan dunia ini.

Salah satu cara yang bisa mengungkapkan rasa syukur kita adalah dengan merawat mata dengan sebaik-baiknya. Ada banyak sekali gangguan kesehatan mata yang bisa saja terjadi, salah satunya adalah Mata kuning. Lantas seperti apakah gangguan kesehatan mata tersebut? Simak dalam ulasan singkat berikut ini.

Mengatasi Mata Kuning Dengan Bahan Alami
Ilustrasi penyakit mata kuning

Mata kuning karena terlalu stress

Mata kuning bisa diakibatkan karena seseorang terlalu memikirkan suatu masalah dengan sangat serius, hal tersebut tentu akan sangat berdampak pada kesehatan seseorang. Selain bisa mengakibatkan kepala menjadi pusing, berubahnya mood seseorang sampai dengan perubahan karakter menjadi sangat sensitif serta sangat mudah tersinggung dan mudah marah, selai itu stress ternyata juga bisa mengakibatkan mata menjadi kuning. Stress memang akan membuat seseorang tak bisa menikmati waktu karena terlalu serius memikirkan jalan keluar dari masalah yang tengah dihadapinya.

Mata kuning karena mata terlalu lelah

Mata kuning juga bisa disebabkan karena mata terlalu lelah. Mata yang digunakan terlalu lama di depan layar monitor atau membaca buku lebih dari tiga jam misalnya, tentu akan membuat mata sangat lelah. Hal tersebut bisa saja menjadi penyebab mata menjadi kuning. Radiasi yang berasal dari komputer bisa mengakibatkan mata menjadi sangat lelah bahkan bisa merusak mata. Dan tak jauh berbeda jika membaca buku dengan waktu yang lama, mata juga bisa menjadi sangat lelah karena dipaksa bekerja dalam kurun waktu yang lama.

Mata kuning karena kurang tidur

Mata kuning juga bisa terjadi akibat kurang istirahat atau tidur. Kurang tidur yang memang disengaja bisa saja terjadi bagi mereka yang mempunyai Kebiasaan begadang. Kurangnya waktu untuk istirahat atau tidur juga bisa dialami bagi mereka yang mempunyai aktivitas maupun rutinitas keseharian yang memang tak bisa ditinggalkan misalnya seperti kerja lembur, yang tentu bisa membuat seseorang menjadi kurang tidur. Kurangnya waktu tidur tentu akan sangat berdampak pada kesehatan badannya. Selain tubuh akan terasa sangat lelah, stamina menurun, kurang tidur juga bisa mengakibatkan mata menjadi kuning.

Mata kuning karena saluran empedu tersumbat 

Mata kuning bisa terjadi karena adanya sumbatan di saluran empedu. Adanya sumbatan pada empedu bisa mengakibatkan mata menjadi kuning. Mata yang kuning bisa menjadi salah satu indikasi bahwa pada saluran empedu terdapat suatu masalah, bisa saja sumbatan maupun adanya tumor di pankreas, terlebih jika mata yang kuning disertai juga dengan rasa mual, tak mempunyai nafsu makan, badan selalu terasa lelah dan lemas, dan demam yang tinggi. Jika beberapa hal tersebut terjadi maka sebaiknya segera memeriksakan diri supaya penyakit yang diderita tak semakin bertambah parah.

Mengatasi Mata kuning dengan cara relaksasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Mata kuning adalah dengan merelaksasi pikiran. Bagi seseorang yang mengalami kuning pada mata, sebaiknya segera lakukan beberapa cara untuk merelaksasi pikiran. Pikiran yang tenang tentu akan menjauhkan diri dari stress yang bisa memicu terjadinya kuning pada mata. Dengan melakukan relaksasi tentunya pikiran akan merasa jauh lebih tenang, otot-otot menjadi kendur dan tidak tegang, termasuk otot-otot di sekitar kepala. Dengan relaksasi juga bisa membuat pikiran seseorang menjadi jauh lebih jernih, sehingga bisa berfikir dengan baik.

Mengatasi Mata kuning dengan cukup istirahat

Mata kuning bisa diatasi dengan istirahat yang cukup. Kurang istirahat akan menjadikan badan maupun mata yang akan terasa terlalu lelah, hal tersebut tentu akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata yang kuning adalah dengan tidur atau istirahat yang cukup. Tubuh manusia membutuhkan minimal 8 jam dalam sehari untuk tidur dan beristirahat. Sebaiknya cuckupilah kebutuhan tubuh untuk beristirahat dan jangan paksakan mata untuk terlalu fokus dalam waktu yang lama.

Mengatasi Mata kuning dengan daun sirih

Mata kuning bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun sirih. Cara mengatasi mata yang kuning menggunakan daun sirih sangat mudah, pertama ambil beberapa lembar daun sirih, bersihkan dan rebus hingga mendidih kemudian tiriskan dan biarkan menjadi dingin. Selanjutnya saring air rebusan daun sirih tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan meneteskan air rebusan daun sirih ke mata yang kuning. Bisa juga dengan mencelupkan mata langsung ke dalam wadah air rebusan daun sirih. Demikian beberapa penyebab serta cara mengatasi kuning pada mata yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat, Terimakasih.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.