Sekilas Tentang Penyakit Hati, Gejala, Penyebab, Dan Pencegahannya! | Dunia Informasi Kesehatan Sekilas Tentang Penyakit Hati, Gejala, Penyebab, Dan Pencegahannya!


Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mendengar tentang gangguan kesehatan yaitu tentang penyakit liver, yakni suatu gangguan kesehatan yang menyerang satu organ yaitu hati (liver). Organ hati ini merupakan salah satu dari organ tubuh yang mempunyai peranan yang cukup penting, di mana dia bertugas sebagai penetral suatu racun dari sisa-sisa hasil metabolisme. Nah, informasi yang berkaitan dengan hati atau liver ini sangat penting untuk kita semua.

Karena dengan adanya informasi-informasi tersebut kita semua dapat saling menjaga kesehatan dari beragam gangguan penyakit dalam tubuh kita, yang salah satunya adalah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan hati. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang segala macam yang berkaitan dengan penyakit hati, mulai dari penyebabnya hingga cara mengatasinya.

Sekilas Tentang Penyakit Hati, Gejala, Penyebab, Dan Pencegahannya!
Ilustrasi penyakit hati (liver) ©Shutterstock

Tentang Penyakit Hati

Sebelumnya, perlu untuk Anda ketahui terlebih dahulu tentang penyakit hati atau liver itu sendiri. Yah, penyakit hati ini merupakan salah satu penyakit dan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya kerusakan sel, yang mana kerusakan-kerusakan tersebut dapat mempengaruhi fungsi hati yakni untuk menetralkan racun. Dengan demikian terjadilah gangguan yang mengakibatkan seseorang atau si penderita kesehatannya menurun. Penyakit ini biasa terjadi pada saat adanya peradangan yang disebabkan oleh hepatitis, menumpuknya kolesterol, aliran empedu yang terhambat, serta jaringan liver yang rusak karena adanya pengaruh penggunaan zat kimia

Gejala-Gejala yang Terjadi pada Penderitan Penyakit Hati

Adapun gejala yang biasa terjadi pada seseorang yang akan terkena penyakit hati atau liver ini yaitu, antara lain terjadi mual-mual serta mengalami diare. Kemudian warna urine yang berubah tidak seperti biasanya, yang mana urine menjadi lebih kekeruhan dan cokelat pekat. Di samping itu, tulang-tulang sendi akan terasa nyeri. Dan nafsu makan tiba-tiba menurun, dan pada akhirnya tubuh menjadi lemah dan mudah lelah. Setelah itu, ulu hati juga akan mengalami nyeri-nyeri dan terjadinya perubahan warna bola mata serta warna kulit yang menjadi kuning. Ketika gejala-gejala di atas mulai kelihatan pada diri Anda, maka sebaiknya Anda segera mengonsultasikannya ke dokter.

Penyebab Penyakit Hati

Nah, gejala-gejala yang disebutkan di atas tidak mungkin terjadi jika tanpa adanya penyebab yang menyertainya. Nah, penyebab terjadinya penyakit liver ini sebagian besar adalah karena faktor pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Pola hidup yang kurang sehat yang dapat menyebabkan penyakit hati ini seperti aktifitas yang terlalu banyak, tetapi lama istirahatnya kurang. jarang berolahraga, perokok berat, serta konsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan berlemak terlalu sering, dan seringkali berada pada kawasan yang berpolusi tinggi sehingga memunculkan efek terjadinya radikal bebas masuk dalam tubuh.

Jenis Penyakit Hati atau Liver

Penyakit liver ini terdapat beberapa jenis dengan gejala yang berbeda-beda pada setiap jenisnya. Hati memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh seseorang, yang mana ia bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula, menyimpan energi, kolesterol, serta enzim dalam darah dan hormon. Dengan demikian, ketika hati mengalami sedikit gangguan secara otomatis bagian organ tubuh lainnya akan ikut terkena kuman, bakteri, maupun racun. penyakit hati itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni hepatitis A, B, C, E, F, dan G. Dari keseluruhan jenis gangguan penyakit pada hati tersebut yang paling banyak menyerang yakni jenis hepatitis A dan hepatitis B.

Penyakit Liver Bengkak

Namun demikian ada juga penyakit lain yang masih ada hubungannya dengan organ liver yakni penyakit hati bengkak atau yang biasa disebut sebagai fatty liver. jenis penyakit ini terjadi karena akibat dari penimbunan lemak dalam sel hati, dan penimbunan tersebut menimbulkan hati tidak berfungsi secara optimal. Penyakit liver jenis ini dipicu oleh adanya obesitas atau yang kita kenal dengan berat badan yang berlebih, para penyandang penyakit diabetes, konsumsi minuman bersoda terlalu banyak, efek samping dari obat-obatan, serta kekurangan protein.

Adanya gangguan dalam organ liver atau hati ini ketika semakin parah, maka akan berkembang penyakit hati kronis, bahkan sampai menjadi sirosis liver. Sirosis merupakan kondisi dimana terjadi penambahan suatu jaringan yakni jaringan ikat. Dengan adanya penambahan jaringan tersebut fungsi hati akan jauh berkurang. Di samping itu, efek samping yang lain dan tidak kalah berbahayanya akibat dari gangguan fungsi liver ini yaitu gagal ginjal. Ketika sudah sampai saat kondisi final, maka yang bisa dilakukan adalah donor hati sebagai penyelamat nyawa si penderita.

Cara Pencegahan Penyakit Liver

Karena penyakit liver merupakan salah satu gangguan kesehatan kronis yang cukup sulit untuk disembuhkan, maka langkah baiknya jika kita semua sama-sama menjaga kesehatan dan mencegah sejak dini. Adapun cara pencegahan penyakit liver ini bisa dilakukan yaitu dengan menjaga pola hidup serta pola makan kita dalam kehidupan sehari-hari. Yah, demikianlah pembahasan kita kali ini yaitu tentang penyakit hati. Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kesehatan pada yang Maha Kuasa.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.