Ketahui Penyebab Sakit Tulang Ekor Dan Pengobatannya | Dunia Informasi Kesehatan Ketahui Penyebab Sakit Tulang Ekor Dan Pengobatannya


Manusia memiliki susunan tulang belakang yang tersusun dari ruas ruas di belakang tubuh yang membentuk satu kesatuan. Tulang ini membujur dari bagian belakang leher hingga dada, pinggang, pinggul dan bagian tulang ekor. Bagian tulang ekor inilah yang berfungsi untuk menyangga tubuh saat duduk ataupun berat badan tubuh. Oleh karena itu fungsi tulang ekor ini sangatlah penting. Jika sampai tulang ekor sakit tentunya akan mempengaruhi perkara lainnya. akibat duduk yang tidak nyaman tentu bisa mempengaruhi kinerja seseorang.

Tulang ekor sakit adalah sebuah sensasi rasa sakit yang berada pada tulang ekor. Rasa sakit ini berada pada tulang cocygeus atau tulang ekor yang terletak pada pantat bagian tengah. Kadangkala sakit yang terjadi pada tulang ekor bisa menjalar ke bagian yang terasa di dekatnya seperti pantang atau tulang belakang atau punggung. Saat tulang ekor anda terasa sakit tentu akan sangat tidak nyaman untuk duduk, naik dari posisi berdiri, atau pun saat berlari. Hal ini akan semakin tidak nyaman bagi seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi.

Ketahui Penyebab Sakit Tulang Ekor Dan Pengobatannya
Ilustrasi tulang ekor sakit ©Shutterstock

Penyebab Sakit Tulang Ekor

Mengetahui penyebab suatu penyakit tentunya akan memudahkan kita untuk mendiagnosa penyakit yang kita alami dengan tepat. Penyebab sakit tulang ekor bisa bermacam-macam. tulang ekor Sakit bisa disebabkan karena adanya trauma duduk terlalu lama. terutama duduk pada permukaan keras yang sempit, selain itu perubahan struktur tulang karena usia ataupun terjadi setelah melahirkan dengan normal. Namun tak jarang penyebab rasa sakit dari tulang ekor tersebut tidak diketahui secara jelas atau pasti atau sering disebut dengan idiophatic. Baca juga : Pengertian Dan Pencegahan Osteoporosis Yang Benar

Tulang ekor sakit pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal yaitu trauma, merupakan cedera pada tulang ekor yang paling sering dirasakan oleh banyak orang. cedera ii meliputi patah tulang ekor, dislokasi tulang ekor ataupun karena cedera memar pada tulang ekor. Selain itu duduk terlalu kuat atau terjatuh dengan posisi duduk, pukulan yang tepat mengenai tulang ekor, atau tekanan dan gesekan yang berulang ulang pada tulang ekor juga menimbulkan sakit tulang ekor. Bahkan ibu yang melahirkan juga bisa menyebabkan sakit tulang ekor.

Pengobatan Sakit Tulang Ekor

Tulang ekor sakit tentunya bisa diobati. Berdasarkan perkembangan teknologi kedokteran yang semakin canggih banyak hal masalah kesehatan kini bisa disembuhkan. Termasuk penyakit tulang ekor ini. Apalagi jika anda merasa bahwa tulang ekor anda sangat sakit hingga menetap atau yang biasa dikenal dengan sebutan sakit tulang ekor tetap atau cocydyna kronis maka anda harus segara konsultasi ke dokter. Jika anda telah mengalami hal ini ada beberapa pengobatan yang mungkin harus anda jalani.

Pengobatan tulang ekor sakit ini meliputi fisioterapi. Pengobatan ini meliputi seorang ahli terapi fisik yang menunjukkan teknik untuk melakukan relaksasi pada dasar panggul, kemudian bernapas dalam dalam dan latihan seperti layaknya buang air besar atau kecil. selain itu juga bisa melakukan pemijatan manipulasi. tulang ekor Sakit bisa diobati dengan memijat otot-otot yang melekat pada tulang ekor yang mungkin bisa mengunrangi rasa sakit pada tulang ekor. Selain itu juga bisa menggunakan obat. Pada umumnya obat bius lokal pada tulang ekor bisa mengobati rasa sakit ini selama seminggu. Anti depresan atau obat anti epilespoi juga bisa digunakan untuk mengurangi sakit tulang ekor. Selain itu yang paling dianjurkan oleh dokter pada umumnya adalah dengan melakukan bedah. Hal ini dilakukan jika memang banyak hal yang telah disebutkan di atas tidak berjalan dengan baik. Baca juga : 5 Hal Tentang BPJS Kesehatan yang Wajib Dipahami

Pencegahan Tulang Ekor Agar Tidak Sakit

Tulang ekor sakit dapat diantisipasi dengan beberapa hal. Anda bisa duduk di bantal yang berbentuk donat agar tulang ekor anda tidak terkena benda yang keras, selain itu jika sakit juga bisa dikompres dengan es untuk mengurangi rasa sakitnya. Caranya adalah ambil es batu kemudian bungkus dengan kain dan tempelkan pada tulang ekor anda. lakukan hal ini hingga kurang lebih 10 hingga 15 menit hingga sakit yang anda rasakan mulai mereda. Selain itu anda juga bisa duduk dengan bersandar ke depan. Namun selain itu semua tentunya yang paling utama adalah dengan rajin berolah raga. Apalagi jika memiliki kesibukan dengan banyak duduk sebaiknya anda membiasakan untuk berdiri atau berjalan jalan sekitar 15 atau 10 menit sekali jangan terus-terusan duduk.

Tulang ekor sakit juga bisa diantisipasi dengan melakukan terapi duduk dengan benar. selain itu yoga juga dianggap mampu mengatasi hal ini. Anda juga bisa menggunakan tempat duduk yang nyaman pada bagian dudukannya. Jika ingin tidur gunakan posisi tidur yang paling nyaman miring ataupun telentang. Selain itu penting pula untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan sayur-sayuran, susu untuk kalsium dan perbaikan tulang juga sangat anda butuhkan jika mengalami gangguan ini.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.