Hal Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Didiagnosis Diabetes | Dunia Informasi Kesehatan Hal Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Didiagnosis Diabetes


Gula darah tinggi merupakan salah satu gejala dari diabetes. Namun, Anda hanya bisa mendapatkan diagnosis diabetes setelah mengikuti serangkaian tes yang dilakukan melalui fasilitas medis. Diabetes bukanlah kondisi yang langsung menyebabkan kematian, namun manajemen yang buruk dari kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa. Diabetes sendiri ada tipe 1 dan tipe 2, untuk tipe 1 sendiri masih belum disembuhkan sedangkan untuk tipe 2 masih disembuhkan akan tetapi diperlukan ketekunan dan diet khusus agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan.

Berita baiknya lagi untuk negara Indonesia lebih banyak yang mengidap diabetes tipe 2 jadi masih ada kemungkinan untuk disembuhkan asalkan belum terlanjur parah.

Jika kemudian hari Anda telah menerima diagnosis diabetes, jangan langsung putus asa. Karena diabetes pada umumnya masih bisa disembuhkan (jika didiagnosis diabetes tipe 2, sedangkan tipe 1 belum bisa disembuhkan) berikut ini adalah beberapa hal yang Anda harus lakukan demi menjaga diabetes Anda.

Hal Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Didiagnosis Diabetes
Ilustrasi Diabetes ©Shutterstock

Memahami dan Menerima Kondisi Tersebut

Hal ini memang tidaklah mudah, apalagi jika anda sudah mengetahui bahwa didiagnosis diabetes. Namun, setelah Anda memahami kondisi ini, mudah untuk menerima dan mengurus diri sendiri. Anda harus mendapatkan informasi dari ahli kesehatan, Anda dapat berbicara dengan dokter atau perawat atau mendaftarkan diri pada program yang akan membantu Anda memahami kondisi yang lebih baik dan mengajarkan Anda bagaimana mengelola sendiri. Kebanyakan praktek manajemen diabetes dilakukan di rumah dan jarang di rumah sakit, kecuali ada komplikasi dan inilah yang penting kenapa harus memahami dan menerima kondisi tersebut (diabetes).

Pengobatan

Dokter Anda akan memberitahu Anda tentang jenis obat yang diperlukan untuk mengontrol tingkat gula darah. Baris pertama pengobatan untuk diabetes adalah metformin, yang membantu untuk membawa gula darah ke tingkat yang sehat. Hal ini juga dianjurkan untuk mendapatkan obat penurun kolesterol untuk mengurangi risiko penyakit jantung, yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari kematian pada diabetes tipe 2.

Mulai Merencanakan Diet (Gula,Karbohidrat dan Lemak)

Manajemen diabetes sangat bergantung pada gaya hidup dan diet. Anda perlu mengubah diet Anda untuk kurang karbohidrat dan lemak dan lebih banyak sumber serat makanan. Mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat akan menyebabkan tingkat gula darah Anda menjadi tinggi dan makanan berlemak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol darah Anda, yang dapat mengakibatkan komplikasi lebih lanjut. Mengkonsumsi lebih banyak serat makanan membantu untuk mengontrol laju penyerapan glukosa ke dalam aliran darah selama proses pencernaan. Program diet Anda harus sesuai dengan timing asupan obat Anda. Anda bisa mendapatkan bantuan dari ahli gizi untuk merencanakan program diet Anda.

Mulai Berolahraga

Jika Anda belum pernah olahraga waktu dulu, inilah saat yang tepat untuk memulai. Berolahraga akan membantu Anda untuk mempertahankan tingkat berat badan dan gula darah yang sehat. Anda memerlukan setidaknya tiga puluh menit untuk olahraga, selama lima kali seminggu. Anda juga dapat menggabungkan olahraga ke dalam kegiatan sehari-hari Anda seperti menggunakan tangga bukan lift, parkir kendaraan jauh dari toko dan berjalan kaki ke toko dari tempat parkiran dan bermain dengan anak-anak Anda. Ini juga dapat menjadi cara yang bagus dari mempertahankan gaya hidup aktif.

Selalu Lakukan CheckUp Secara Teratur

Selalu periksakan gula darah anda dan keadaan lainnya seperti bagaimana fungsi obat, apa respon tubuh tehadap obat dan program diet Anda. Dengan melakukan checkup secara teratur akan sangat membantu anda untuk selalu mengontrol Diabetes anda agar tidak terjadi komplikasi. Proses checkup sendiri dapat memberikan informasi kepada dokter Anda tentang apa yang harus Anda lakukan demi menjaga gula darah anda tetap stabil dan normal.

Ref : curejoy.com

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.