Ternyata 5 Macam Bahan ini Dapat Dijadikan Sebagai Obat Batuk Herbal | Dunia Informasi Kesehatan Ternyata 5 Macam Bahan ini Dapat Dijadikan Sebagai Obat Batuk Herbal


Setiap manusia pasti pernah mengalami sakit batuk. Batuk memang sejatinya merupakan proses alamiah yang dialami oleh setiap orang. Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja, apalagi musim hujan atau musim pancaroba. Penyakit batuk sendiri merupakan bentuk dari pertahanan tubuh manusia.

Pada umumnya, batuk terjadi karena ada sesuatu benda asing seperti debu atau kuman yang merangsang selaput lendir ditenggorokan. Hal ini yang kemudian membuat rasa gatal dan ingin dikeluarkan dengan cara batuk oleh tubuh kita. Untuk itu jika anda merasa batuk anda sudah mengganggu aktifitas anda, sebaiknya segera diobati. Dan akan lebih efektif sebelum meminum obat dari dokter atau bidan desa, anda cobalah minum obat batuk herbal buatan sendiri.

Batuk sendiri ada beberapa jenis yang bisa dibedakan karena penyebab yang menimbulkannya juga berbeda. Diantaranya ada batuk kering, batuk berdahak, batuk bronchitis, batuk asma, dan batuk pertussis atau yang lebih dikenal dengan batuk rejan. Untuk itu, seperti yang saya katakan sebelumnya sebelum batuk anda bertambah parah sebaiknya anda segera minum obat batuk herbal terlebih dahulu. Karena mengobati batuk secara alami lebih disarankan karena lebih aman tanpa efek samping pada kesehatan, juga tidak perlu biaya mahal.

Ternyata 5 Macam Bahan ini Dapat Dijadikan Sebagai Obat Batuk Herbal
Ilustrasi orang sedang batuk © shutterstock

Penyebab Batuk

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk baik berjangka pendek sampai berkepanjangan diantaranya adalah terjadi tetesan di belakang hidung. Produksi dahak secara berlebihan terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang dalam sinus). Mukus yang menetes dai belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk. 

Sebab lainnya ada pilek dan influenza, terserang pilek juga merupakan penyebab yang paling sering ditemui terjadinya batuk. Kemudian ada juga asma ringan yang dapat menyebabkan batuk, hal ini terjadi karena peradangan atau penyempitan saluran pernafasan. Penyebab lainnya adalah lingkungan, kondisi lingkungan seperti asap, debu, rokok, udara dingin, dan semprotan aerosol bisa menjadi penyebab batuk. 

Ada pula batuk yang disebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan seperti menghirup kortikostreoid, pemakaian betablocker dan penghambat angiotensin converting enzyme. Itu tadi beberapa penyebab yang dapat menjadikan kita batuk. Penyebab tersebut kita tidak bisa menghindarinya, kita hanya bisa mencoba mengobati batuk jika sudah terlihat atau merasakan. Berikut ini ada beberapa bahan obat batuk herbal yang dapat anda coba minum di rumah.

Obat Batuk Herbal dengan Bahan-Bahan Alami

1. Jeruk Nipis

Sudah bukan rahasia umum lagi jika jeruk nipis memiliki khasiat untuk mengobati batuk berdahak. Batuk berdahak terjadi karena ada peradangan pada lapisan lendir pada saluran pernafasan. Jeruk nipis merupakan salah satu obat batuk herbal yang sangat mujarab, untuk meminumnya anda dapat mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis. Bagi anda yang tidak menyukai kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampurkan dengan madu. Minumlah air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu atau kecap tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Adapun cara lain mengobati batuk dengan jeruk nipis ini yaitu dengan menggunakan jeruk nipis diberi kapur sirih dan gula secukupnya. Caranya dengan membelah dua bagian jeruk nipis kemudian taburkan kapur sirih diatas dua belahan jeruk tadi. Kemudian dibakar sebentar sampai berbuih, lalu peras dan tambahkan sedikit gula batu, dan apabila sudah tercampur rata, minumlah air perasan tersebut.
Baca juga : 5 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Cantik Anda

2. Jahe

Obat batuk herbal yang selanjutnya adalah jahe. Jahe mengandung anti-bakteri yang baik bagi tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengobati batuk berdahak. Bagi yang sedang menderita batuk berdahak memang dianjurkan untuk meminum sari jahe atau wedang jahe ini setidaknya satu kali sehari. Cara membuatnya sangat mudah sekali, dengan mengiris jahe kemudian direbus dalam air, minumlah air rebusan jahe tersebut yang ditambahkan dengan sedikit gula. Atau jika ingin cara lain anda bisa menambahkan irisan jahe ke dalam air teh anda dan minum 2-3 kali dalam sehari.
Baca juga : Lawan 6 Penyakit Berikut Dengan Jahe

3. Kencur

Dalam menggunakan obat batuk herbal yang bisa mengobati batuk, kencur sangat manjur apabila dipadukan dengan jahe. Caranya, siapkan jahe dan kencur secukupnya, kemudian parutlah kedua bahan tersebut hingga halus setelah itu campurlah hingga merata. Lalu rebuslah campuran jahe dan kencur tersebut dengan air segelas saja sampai mendidih. Saringlah, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi hangat. Minumlah 2-3 kali dalam sehari.

4. Belimbing Wuluh

Siapa yang tidak tahu buah yang memiliki rasa asam yang satu ini. Buah ini bisanya digunakan bahan utama dalam membuat sayur asem atau bahkan bisa diolah menjadi manisan blimbing wuluh. Namun, meskipun rasanya sangat asam blimbing wuluh ini juga salah satu obat batuk herbal yang sangat ampuh. Caranya, cukup bersihkan 10 biji blimbing wuluh kemudian parut hingga halus. Kemudian masukkan parutan tersebut ke dalam segelas air dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu saringlah blimbing wuluh tersebut, ambil sarinya saja buang ampasnya dan minum sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

5. Cabe Jawa dan Madu

Salah satu obat batuk herbal lainnya adalah dengan mencampurkan madu dan cabe jawa. Caranya, siapkan cabe jawa kering sebanyak 6 gram dan madu secukupnya. Tumbuklah cabe jawa kering tadi sampai halus kemudian campurkan dengan satu sendok madu dan minumlah secara rutin satu kali sehari hingga sembuh.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.