Mengenali Gejala Awal Kanker Mulut | Dunia Informasi Kesehatan Mengenali Gejala Awal Kanker Mulut


Sudah tahukah anda mengenai kanker mulut? Kanker mulut merupakan sel kanker yang berkembang pada rongga mulut ataupun orafaring. Sel kanker ini pada awalnya berkembang melalui lidah ataupun dasar mulut. Namun berdasarkan beberapa kasus yang telah terjadi sel kanker ini juga bisa menyerang bagian gusi, bibir, lidah, ataupun langit-langit mulut.

Pada kondisi yang lebih lanjut sel kanker ini kan bermutasi dan menyebar serta menyerang organ di sekitar mulut. Seseorang bisa mengidap kanker mulut di akibatkan oleh konsumsi alkohol, konsumsi tembakau melalui merokok ataupun menginang, serta bisa juga di sebabkan akibat faktor keturunan. 

Pada kondisi stadium akhir, kanker mulut ini bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu kenali gejala kanker mulut agar bisa melakukan penanganan dan pengobatan sejak dini.

Tanda-tanda terserang kanker mulut

Mengenali Gejala Awal Kanker Mulut
Ilustrasi gejala kanker mulut © shutterstock
Kanker mulut ini merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya. Dimana kanker mulut ini berupa benjolan ataupun daging tumbuh pada sekitar mulut. Dengan adanya sel kanker pada bagian mulut ini bisa mengakibatkan pembusukan pada bagian mulut yang diserang sel kanker. Selain itu juga terdapat benjolan yang ketika pecah ataupun terkelupas akan terus mengeluarkan cairan. Nah untuk menghindari penyakit yang berbahaya tersebut, anda perlu mengenali beberapa gejala kanker mulut. Salah satunya adalah terjadinya pembengkakan di mulut. Pembengkakan ini terjadi apabila ukuran bagian-bagian mulut misalnya gusi, bibir ataupun langit-langit mengalami perubahan ukuran semakin membesar. Hal tersebut menjadi salah satu gejala awal kanker mulut yang perlu di waspadai.
Baca juga : Kenali Tips dan Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Kanker mulut memang dapat didektesi sejak awal dengan gejala kanker mulut yang di timbulkan. Kondisi dimana mulut terdapat luka ataupin sakit pada wajah, leher serta sariawan yang tidak menghilang atau sembuh setelah diobati lebih dari 2 minggu perlu di waspadai menjadi gejala awal kanker mulut.. tidak hanya itu, mulut juga terdapat bercak putih di dalam mulut yang kemunculannya tidak diketahui penyebabnya. Gejala lain yang mungkin di rasakan adalah rasa kebal atau mati rasa di sekitar wajah, mulut ataupun leher. Tanda-tanda tersebut bisa menjadi penanda adanya sel kanker yang tumbuh di rongga mulut.

Gejala kanker mulut juga di tandai dengan terasa nyeri ketika mengunyah dan menelan makanan. Tentunya gejala kanker mulut ini akan sangat mengganggu penderita untuk makan. Pada tingkat lanjutnya juga akan terjadi pendarahan di sekitar mulut yang tidak ada penyebabnya. Pada kasus lainnya, gejala dari kanker mulut ini penderita juga kesusahan dalam berbicara, hal tersebut di akibatkan sel kanker telah menyerang lidah si penderita. Akibatnya lidah menjadi kelu untuk berbicara. Sebelum pada fase ini juga akan di tandai dengan perubahan suara. Dimana gejala ini juga menandakan terdapat sel kanker pada daerah tenggorokan pada khususnya pita suara sehingga, suara tidak bisa di hasilkan seperti biasanya.
Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Obat Anti Kanker

Kanker mulut ini biasanya menyerang lansia yang telah berusia di atas 50 tahun. Ternyata kanker mulut ini lebih beresiko menyerang pria di bandingkan wanita. Hal itu disebabkan kebiasaan merokok yang kebanyakan di lakukan oleh kaum pria. Namun tidak di pungkiri juga kaum wanita juga mengidap penyakit kanker mulut ini. untuk itu dengan mengenal gejala kanker mulut, tentunya anda bisa mengetahui sejak dini dengan menjalani pemeriksaan untuk memastikan gejala-gajala kenker mulut tersebut positif ataukah hanya penyakit ringan yang di akibatkan oleh virus.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close