Malas Membersihkan Make Up di Wajah, Ini Akibatnya! | Dunia Informasi Kesehatan Malas Membersihkan Make Up di Wajah, Ini Akibatnya!


Setiap wanita akan memperhatikan masalah kecantikan, termasuk salah satunya adalah pada bagian wajah. Dalam hal ini make up merupakan salah satu tips utama bagi wanita untuk mempercantik diri, terutama ketika akan bepergian. Sekalipun ada juga sebagian wanita yang malas menggunakan make up dengan tujuan ingin terlihat natural, tapi hal tersebut mungkin hanya berlaku pada hari-hari tertentu saja dimana dia tidak melakukan aktivitas yang mengharuskan bertemu dengan orang lain.

Menggunakan make up untuk menutupi bintik-bintik di wajah, jerawat, atau keriput menjadi alasan bagi setiap wanita. Tapi jika anda memiliki tingkat kesibukan yang cukup tinggi, terkadang make up yang digunakan justru akan menimbulkan dampak negatif pada wajah. Berikut adalah beberapa akibat jika malas membersihkan make up di wajah.

Malas Membersihkan Make Up di Wajah, Ini Akibatnya!
Ilustrasi membersihkan make up sebelum tidur © shutterstock

Menyebabkan kulit kering

Perlu anda ketahui jika malas membersihkan make up di wajah, bahwa 10 persen permukaan di kulit akan menjadi tidak bagus. Penutupan bagian pori wajah karena make up dapat menghalangi kulit untuk melakukan regenerasi, yang akhirnya menjadikan permukaan pada lapisan kulit memiliki tekstur yang buruk. Terutama ketika anda akan tidur tanpa membersihkan make up yang masih menempel di wajah anda akan menghambat pori untuk memasok oksigen. Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Paling Simple

Menimbulkan kerutan pada kulit wajah

Kondisi kulit yang kering karena make up yang masih menempel akan jelas terlihat. Permukaan kulit yang kering pada wajah akan membuat kulit menjadi kehilangan elastisitasnya. Yang akhirnya berdampak pada timbulnya kerutan secara jelas pada wajah. Selain itu, efek radikal bebas yang masih menempel pada permukaan wajah yang diakibatkan oleh make up dapat merugikan kesehatan dan juga menyebabkan kerusakan pada sel, terutama pada bagian wajah. Ditambah lagi akan menyebabkan berkurangnya kolagen yang berperan untuk menentukan elastisitas pada kulit untuk tetap berproduksi.

Pori menjadi membesar

Seseorang yang seringkali tidak membersihkan make sebelum tidur akan memiliki pori wajah yang lebih besar. Dampak negatif tersebut terjadi karena masih menempelnya zat pada make up yang menyumbat pori wajah dan menyebabkan pori wajah akan terlihat lebih besar. Secara jangka panjang akan mengakibatkan proses penuaan pada kulit wajah menjadi lebih cepat.

Menyebabkan timbulnya jerawat

Tersumbatnya pori-pori pada bagian wajah karena make up serta partikel lainnya yang masih menempel juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jerawat memang menjadi penyakit kulit yang memiliki banyak penderita. Maka dari itu, dengan segera membersihkan wajah dari make up dan partikel lainnya dapat menghindari anda dari jerawat. Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Kulit menjadi kemerahan

Biasanya warna kemerahan pada kulit menunjukkan adanya iritasi pada bagian permukaan kulit. Seperti itu juga ketika anda tidak segera membersihkan make up pada wajah, terutama ketika akan tidur malam hari. Sumbatan yang terjadi pada pori kulit akan menjadikan iritasi menjadi terperangkap pada bagian pori.

Menghalangi pori wajah untuk bernafas

Lapisan pori-pori pada permukaan kulit wajah juga membutuhkan asupan oksigen untuk tetap memproduksi kolagen. Oleh sebab itu, jangan pernah melupakan untuk membersihkan make up. Seperti apapun kesibukan anda, sebaiknya jangan biarkan make up menutupi wajah anda dalam waktu yang lama. Terutama pada saat anda akan beristirahat di malam hari.

Itulah dia beberapa dampak negatif yang akan terjadi pada bagian wajah jika tidak sesegera mungkin untuk membersihkan make up.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close