Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita


Menghitung masa subur sangat penting bagi seorang istri yang ingin menjalankan program kehamilan. Pada masa subur, proses fertilasi atau pembuahan akan lebih maksimal dan lebih tinggi rasio kehamilannya dibanding dengan tidak menghitung masa subur. Maka dari itu untuk Anda yang menginginkan kehamilan, harus tahu cara menghitung masa subur anda sendiri.

Cara menghitung masa subur yang paling mudah adalah dengan menggunakan sistem kalender. Tetapi juga ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghitung masa subur atau ovulasi seperti dengan mencatat siklusnya, suhu tubuh, cairan serviks ataupun langsung mendatangi dokter kandungan. Biasanya di dokter kandungan anda diberikan informasi yang lebih akurat dan detail karena menggunakan monitor kesuburan yang dapat mengetahui dan menilai masa subur wanita melalui air urine dengan mengukur hormon lutein yang keluar sesaat sebelum masa subur wanita.

Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan secara rinci cara menghitung masa subur wanita di bawah ini, silahkan disimak baik-baik :

Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita
Ilustrasi cara menghitung masa subur dengan menggunakan kalender © shutterstock

Cara Menghitung Masa Subur Dengan Sistem Kalender

Cara menghitung masa subur dengan sistem kalender ini juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk siklus haid yang teratur dan tidak teratur, karena siklus haid tiap wanita akan berbeda-beda. Penting juga bagi anda untuk mengetahui siklus haid anda seperti apa? Apakah teratur atau tidak. Penting untuk diketahui juga seberapa lamapun siklus haid anda, menstruasi selalu terjadi pada hari ke-14 setelah siklus haid tersebut dan itulah yang akan menjadikan patokan kita untuk menghitung masa subur dengan menggunakan sistem kalender.

Cara Menghitung Masa Subur Siklus Haid Teratur

Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita
Tabel perhitungan masa subur © shutterstock
Untuk siklus haid yang teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang. Contohnya jika anda memiliki siklus menstruasi selama 28 hari, anda terakhir menstruasi pada tanggal 2, maka anda akan mengalami menstruasi kembali pada tanggal 30. Jadi untuk mengetahui masa subur anda, tanggal 30 dikurang 14 hari yaitu akan jatuh pada tanggal 16. Dengan menggunak rumus 14+/- 1 hari berarti masa subur anda akan terjadi pada tanggal 15,16,17. Bagaimana? Gampang bukan??

Cara Menghitung Masa Subur Siklus Haid Tidak Teratur

Sedangkan untuk siklus haid yang tidak teratur, maka pertama tama harus dicatat minimal 6 kali siklus terajhir anda. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20. Contoh Menghitung masa suburnya dengan menggunakan kalender adalah misalkan tanggal menstruasi terakhir anda tanggal 2 berarti 2+8 = 10 dan 2+20= 22. Jadi masa subur anda akan berada pada tanggal 10 sampai tanggal 22.
Baca juga : Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Ini Dia!

Cara Menghitung Masa Subur dengan Sistem Pengukuran Suhu Tubuh

Yaitu dengan mencatat Basal Body Temperature (BBT), adalah temperatur tubuh di pagi hari sebelum beraktivitas apa pun, adalah salah satu cara untuk mengetahui masa subur wanita. Suhu normal tubuh wanita yang sedang tidak berovulasi adalah 35-37 derajat celsius, tetapi ketika akan masa subur wanita, BBT akan meningkat sekitar setengah derajat dan tetap pada angka tersebut hingga sesaat sebelum haid. Akan tetapi cara ini bukanlah cara terbaik untuk menghitung masa subur karena bisa saja tidak akurat. Karena untuk suhu banyak sekali faktor yang mempengaruhi.
Baca juga : Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

CARA CEPAT HAMIL
Untuk Anda Yang Belum Punya Momongan
Atau Sudah Punya Anak Tapi Susah Hamil Lagi

silahkan download Ebooknya dibawah ini :
Cara Cepat Hamil


Cara Menghitung Masa Subur Monitor Kesuburan

Cara ini juga mudah sekali, akan tetapi mungkin anda akan mengeluarkan sedikit biaya, karena harus mendatangi dokter kandungan. Karena dokter yang akan memeriksa langsung masa subur anda dengan monitor kesuburan. Pastinya cara ini akan lebih akurat.

Sedangkan cara lainnya dengan mengecek cairan serviks cukup anda liat cairan tersebut jika sudah mulai terlihat licin dan elastis, mirip putih telur yang mentah, pada saat itulah Anda sedang berada pada masa subur wanita. 

Bagaimana? Sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara menghitung masa subur wanita? Untuk anda yang ingin menjalankan program kehamilan sangat dianjurkan untuk mengetahui cara menghitung masa subur karena sangat penting dalam proses menjalankan program kehamilan. Akhir kata semoga bagi anda yang sedang menjalankan program kehamilan semoga cepat hamil dan lahir dengan sehat. Untuk informasi tentang kehamilan lainnya silahkan baca disini : Tips Kehamilan

Ref : Bidanku.com

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close