7 Kebiasaan Jorok dan Tidak Sehat Tapi Masih Saja Anda Lakukan! | Dunia Informasi Kesehatan 7 Kebiasaan Jorok dan Tidak Sehat Tapi Masih Saja Anda Lakukan!


Banyaknya tingkah laku dan gaya hidup manusia membuat kita menjadi seseorang yang kadang-kadang bertingkah atau berlakuan jorok. Biasanya kebiasaannya tejadi begitu saja tanpa kita sadari. Kebiasaan tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor internal misalkan, karena kebiasaan malas dan tidak mau memikirkan hal lain dapat membuat kita menjadi seorang yang jorok atau bahkan menjadi tidak sehat. Contohnya seperti malas mandi, sikat gigi, dan lain sebagainya.

Sedangkan faktor eksternal biasanya disebabkan oleh lingkungan sekitar, tinggal di lingkungan kumuh juga dapat menyebabkan seseorang bertingkah dan bergaya hidup seperti orang pada lingkungannya. Jika orang sekitar lingkungannya buang sampah sembarangan, kita juga akan melakukan hal yang sama.
7 Kebiasaan Jorok dan Tidak Sehat Tapi Masih Saja Anda Lakukan!
Merokok adalah salah satu kebisaan tidak sehat © shutterstock
Untuk sekedar mengingatkan kita semua, ada beberapa kebiasaan jorok dan tidak sehat yang biasa kita lakukan sehari-hari tanpa kita sadari dan masih tetap saja kita lakukan. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan jorok tersebut? Mari kita dibawah ini :

1. Buang Sampah Sembarangan

Buang sampah sembarangan sudah menjadi hal lumrah bagi sebagian orang. Tentu saja dampaknya sangat tidak baik bagi lingkungan anda. Buang sampah sembarangan dapat menyebabkan lingkungan anda menjadi tidak sehat, timbulnya berbagai macam penyakit hingga menyebabkan banjir seperti yang terjadi pada Ibu kota Indonesia, Jakarta.

Setiap tahun penduduk Jakarta harus menghadapi banjir yang disebabkan oleh naiknya air laut dan musim hujan, dan salah satu penyebab banjir terbesar di Jakarta adalah karena menumpuknya sampah di sungai Jakarta yang disebabkan masyarakatnya masih saja membuang sampah sembarangan.

2. Malas Mandi

Menurut beberapa hasil survei, jumlah mandi yang ideal adalah minimal 2 kali sehari. Ada juga sampai 3 kali sehari tergantung tingkat aktivitasnya. Akan tetapi bagi sebagian orang yang malas, mungkin mereka mandi sehari sekali atau bahkan 2 hari sekali.

Tentu saja hal ini merupakan gaya hidup yang tidak sehat. Tubuh anda akan dengan mudah terserang berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit, karena sudah bisa dipastikan tubuh mereka yang tidak mandi banyak bakteri dan debu yang menempel disana.

3. Malas Sikat Gigi

Kebiasaan jorok ini biasanya terjadi pada anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Sikat gigi idealnya adalah 3 kali sehari, sehabis makan, dan sebelum tidur. Akan tetapi masih saja ada sebagaian orang masih kurang memperhatikan hal ini. Seperti yang kita ketahui, jika kita tidak sikat gigi dalam sehari saja, dapat membuat mulut menjadi bau dan gigi akan cepat rusak karena jarang dibersihkan. Baca juga : 7 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan-Bahan Alami

4. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Kebiasaan ini juga masih sering dilakukan oleh sebagaian orang. Tentu saja kebiasaan ini juga tidak menyehatkan bagi anda. Coba anda bayangkan berapa banyak kuman dan bakteri yang menempel pada tangan anda sebelum anda makan? Apalagi ada yang makan langsung menggunakan tangan tanpa menggunakan sendok. Kebiasaan jorok ini tentu dapat menyebabkan beberapa penyakit pada pencernaan anda seperti sakit perut, diare, dan sebagainya.

5. Memakai Pakaian / Kaos Kotor Sampai Berulang Kali

Kebiasaan seperti ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang pemalas, karena malas mencuci baju makanya menggunakan kembali pakaian  atau kaos kaki yang sudah kotor dan bahkan sampai berulang kali. Selain menimbul bau tidak sedap pada sekitar anda, kebiasaan ini juga dapat memicu terjadinya iritasi dan bahkan penyakit kulit pada bagian yang sering terkontaminasi dengan pakaian dan kaos kotor tersebut.

6. Buang Angin dan Buang Air Sembarangan

Kebiasaan ini sudah merupakan hal lumrah di Indonesia. Biasanya kebiasaan jorok ini dilakukan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab, karena ketika buang angin pasti pelaku tidak akan mengakuinya sehingga menyebabkan orang sekitar menjadi tidak enak dan nyaman karena aroma dari buang angin tersebut.

Buang air sembarangan juga sudah menjadi hal biasa dan masih saja dilakukan. Biasanya mereka mencari pohon besar dan tempat sepi dan langsung buang air disana. Hal ini sah-sah saja asalkan memang dalam keadaan terjepit seperti tidak adanya wc disekitar, sedangkan sudah tidak tahan lagi untuk buang air sebaiknya dilakukan ditempat yang sepi agar tidak terlihat oleh orang.

7. Merokok

Kebiasaan yang terakhir adalah merokok. Pasti kita semua sudah mengetahui bahaya dari merokok ini, akan tetapi kebiasaan ini masih saja dilakukan oleh sebagian orang mulai dari remaja sampai dewasa. Dan lebih parahnya lagi merokok dapat memberikan dampak negatif kepada orang sekelilingnya, karena ketika orang lain mengisap asap rokok tersebut, maka mereka dapat dikatakan sebagai perokok pasif, dan resiko penyakit yang ditimbulkan lebih parah lagi dibanding dengan perokok aktif.

Bagaiaman teman-teman sekalian? Pasti salah satu dari anda pernah mengalaminya bukan?
Segera perbaiki gaya hidup anda, menjadi gaya hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang kapan saja dapat menyerang anda. Dengan gaya hidup sehat, hidup anda akan terasa lebih nyaman dan mungkin anda dapat berumur lebih panjang. Baca juga : Cara Menjalani Pola Hidup Sehat yang Benar

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close