Tips dan Cara Merawat Telinga yang Benar | Dunia Informasi Kesehatan Tips dan Cara Merawat Telinga yang Benar


Telinga merupakan satu dari kelima panca indera manusia yang memerlukan perawatan yang intensif. Mengapa? Karena telingan merupakan salah satu organ tubuh manusia yang bisa dikatakan cukup penting, karena dengan melalui telinga lah kita dapat mendengar sesuatu, bisa tidak anda bayangkan bila anda tidak bisa mendengar dikarenakan telinga anda tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Anda juga harus bersyukur karena tidak terlahir sebagai tunggu runggu, yaitu cacad pada pendengaran. Maka dari itu rawat telinga anda sebaik mungkin, karena penampakan fisik telinga yang menjorok ke bagian dalam tubuh manusia sehingga memerlukan kehati-hatian saat merawatnya. Alih-alih telinga anda berfungsi dengan baik, perawatan yang sembarangan justru akan melukai bagian dalam telinga. Berikut ini penulis akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara merawat telinga yang baik. Stay tuned, ya! Baca juga : Cara Mengatasi Telinga Berdenging Secara Alami

Bagaimana Cara Merawat Telinga yang Benar

Tips dan Cara Merawat Telinga yang Benar
Ilustrasi cara merawat telinga © shutterstock

1. Jangan Mengorek Telinga

Membersihkan telinga mungkin bisa dikatakan sebagai aktivitas yang mengasyikkan apalagi dengan mengorek bagian-bagian indera pendengar ini. Tapi tahukah anda bahwa mengorek telinga saat membersihkan justru akan meningkatkan resiko telinga anda akan terluka. Luka pada telinga seperti robeknya gendang telinga akan berdampak buruk bagi anda karena mengurangi kemampuan pendengaran anda. Normalnya, gendang telinga cenderung sedikit mengkilat.

2. Bersihkan Bagian Luar Saja

Sedikit aneh ya mendengar poin cara merawat telinga satu ini? Namun ternyata pembaca, telinga memiliki kemampuan alami untuk mendorong kotorannya ke bagian luar telinga. Sehingga sangat dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian luar saja yaitu daun telinga dan rongga telinga bagian luar saja. Hal ini sangat masuk akal karena membersihkan kotoran hingga ke bagian dalamnya justru akan membuat kotoran telinga tersebut masuk lagi.

3. Check Up Rutin Dengan Ahli Atau Perawatan Pribadi

Cara merawat telinga yang sangat disarankan oleh penulis adalah dengan sering-sering mengunjungi dokter THT anda. Dokter spesialis satu ini tentunya memiliki berbagai alat yang lebih efektif dan aman untuk membantu perawatan telinga anda. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika perawatan yang anda lakukan berdampak negatif untuk pendengaran anda.

Untuk anda yang tidak menginginkan perawatan ribet dengan dokter THT, anda tetap bisa merawat telinga dengan baik. Tips merawat telinga pribadi dapat anda lakukan dengan membasuhkan telinga anda ketika anda mandi. Bersihkan daun telinga menggunakan air lalu keringkan dengan handuk yang bertekstur halus agar tidak melukai kulit anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan baby oil, lalu bersihkan seluruh bagian luar telinga anda termasuk rongga luar telinga. Perawatan ini hendaknya dilakukan maksimal sekali saja dalam seminggu.

4. Perawatan Tidak Berlebihan

Maksud dari poin cara merawat telinga ini adalah anda tidak perlu memastikan telinga anda benar-benar bersih. Mengapa? Karena telinga memproduksi serumen khusus yang efektif untuk menyaring berbagai kotoran yang masuk ke telinga serta untuk melumasi gendang telinga. Selain itu serumen telinga ini akan melindungi anda dari kemungkinan serangga yang masuk ke telinga juga debu-debu yang sangat familiar dengan kehidupan anda. Jadi cara perawatan telinga yang dianjurkan adalah membersihkan telinga seperlunya saja, cukup bersihkan rongga bagian luar saja, juga daun telinganya.

Anda tentunya tidak menginginkan penampilan anda menjadi tidak maksimal karena telinga anda yang kotor khususnya bagi pembaca yang sering berinteraksi dengan banyak orang di dalam aktivitasnya. Namun perlu diperhatikan agar indera pendengaran anda berfungsi baik tapi tetap bersih dan sehat, tips-tips di atas perlu anda pertimbangkan. Juga, untuk meningkatkan dan mempertahankan performa telinga anda, cobalah untuk mengurangi penggunaan headset dan sejenisnya karena sebaik apapun kualitas teknologi tersebut sedikit banyak mempengaruhi kinerja gendang telinga anda. Nah, semoga artikel tentang cara merawat telinga ini membantu anda ya, pembaca. Be healthy, be happy! Baca juga : Pengobatan Herbal Telinga Berdengung

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close