Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar/ Sembelit pada Bayi | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar/ Sembelit pada Bayi


Sembelit merupakan penyakit susah buang air besar yang sering dialami oleh semua orang. Tak hanya orang dewasa, tetapi terkadang sembelit juga terjadi pada bayi anda. Jika beberapa hari buah hati anda tidak buang air besar. Akan mengakibatkan racun dan kotoran didalam tubuh tidak dapat dibuang dengan baik. Ini akan membuat badan bayi menjadi kurang sehat dan sering menangis. Buang air besar sebaiknya dilakukan setiap hari. Supaya metabolisme dalam tubuh bekerja dengan baik. Jika selama dua hari bayi susah buang air besar, kemungkinan besar bayi anda terkena penyakit sembelit. Inilah beberapa cara mengatasi bayi yang susah buang air besar atau sembelit.

Tips Bayi Susah Buang Air Besar

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar/ Sembelit pada Bayi
Ilustrasi Bayi susah buang air besar © shutterstock

Jus Prune

Jus prume bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati bayi susah buang air besar. Anda bisa menambahkan prume pada menu makanan bayi anda, jika sudah masuk ke masa konsumsi makanan. Selain itu bisa menambahkan prume pada air atau jus buah lainnya, seperti jus pepaya, jus apel, jus pir dan masih banyak lainnya. Pencernaan bayi terkadang masih belum bisa menerima semua makanan. Oleh karena itu anda harus pintar dalam memberikan makanan yang tepat untuk buah hati anda. Usahakan untuk memberikan bayi anda makanan tinggi serat, sehiggga bayi anda tidak susah buang air besar.

ASI

ASI merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi bayi susah buang air besar. ASI merupakan hak bayi. Untuk bayi selama 6 bulan cukup konsumsi ASI saja. Ada juga yang konsumsi asi sampai 2 tahun, dengan tetap ditambahi dengan makanan pendukung asi lainnya. Asi menjadi salah satu konsumsi utama untuk bayi. Jika bayi mengalami sembelit, anda bisa lebih banyak konsumsi air minum dan makanan-makanan yang mengandung serat. Kandungan yang diserap, juga akan di serap oleh bayi melalui ASI. Dengan begitu sembelit di buah hati anda akan sembuh.

Pemijatan Pada Perut Bayi

Anda bisa memijat perut bayi sembelit, jika sembelit belum sembuh-sembuh juga. Kotoran yang tidak dikeluarkan, akan membuat usus sedikit membesar dan membuat perut bayi menjadi sakit. Rasa sakit ini akan membuat bayi semakin menahan untuk membuang air besar. Oleh karena itu sangat perlu untuk memijat bagian perut bayi. Cara memijatnya tidak boleh sembarangan dan dilakukan dengan pelan-pelan. Gunakan minyak zaitun untuk membuat perut bayi licin, sehingga pada saat memijatnya anda akan lebih berhati-hati. Kalau anda belum berani memijat, bisa minta tolong dengan orang yang sudah ahlinya.

Tambahkan Asupan Makanan Dan Cairan Pada Bayi

Jika bayi anda sudah konsumsi susu formula, bisa dengan menambahkan kadar susu formula dengan tepat. Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi bayi sembelit. Jangan membuat susu formula terlalu kental, karena akan membuat bayi tambah sembelit. Jika bayi anda sudah makan makanan pendukung asi, anda bisa menambah asupan makanan yang berserat. Makanan yang berserat akan memperlancar pencernaan bayi anda. Anda bisa membuat makanan bayi sendiri di rumah. Daripada menggunakan makanan bayi kemasan yang kandungannya kadang berbahaya untuk bayi.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi susah buang air besar atau sembelit. Jika sembelit pada bayi anda belum sembuh juga, lebih baik untuk segera memeriksanya ke dokter. Jika dibiarkan lebih lanjut, akan semakin buruk untuk kesehatan bayi anda. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke bayi. Kebersihan makanan dan asupan makanan pada ibu juga harus diperhatikan. Sekian artikel tentang mengatasi masalah sembelit pada bayi. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda. Baca juga : Ini Dia Makanan Yang Sehat Yang Baik Untuk Bayi Anda!

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close