10 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui | Dunia Informasi Kesehatan 10 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui


Klorofil atau biasa di sebut dengan zat hijau daun ini di klaim mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan manusia. Khususnya untuk mencegah penyakit kanker, karena klorofil ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker dalam tubuh anda.

Menurut wikipedia sendiri, klorofil adalah pigmen yang dimiliki oleh berbagai organisme (tumbuhan) dan menjadi salah satu molekul berperan utama dalam fotosintesis. Klorofil memberi warna hijau pada daun tumbuhan hijau dan alga hijau, tetapi juga dimiliki oleh berbagai alga lain, dan beberapa kelompok bakteri fotosintetik. Maka dari itulah klorofil biasa disebut dengan "zat hijau daun".

Jadi inti dari manfaat klorofil ini adalah menyehatkan tubuh manusia, karena menurut situs Republika.co,id (ROL) manfaat klorofil ini memang sudah ada sejak dulu dan dimuat dalam Alquran, yang dimana disebutkan dalam  surah Al-An'am [6]: ayat 99:
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai dan kebun-kebun anggur…
Ayat itu menegaskan bahwa zat hijau daun yang biasa dikenal dengan sebutan klorofil, yang terdapat pada salah satu sel tumbuhan kloroplas bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Disini juga kami merangkum beberapa manfaat klorofil bagi kesehatan dari berbagai macam situs kesehatan yang ada di google. Berikut pemaparan mengenai manfaat klorofil tersebut.

10 Manfaat Klorofil bagi Kesehatan

10 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi klorofil dalam sayuran hijau © shutterstock

1. Meningkat kualitas darah dalam tubuh

Inti dari sel darah manusia adalah zat besi, dan inti molekul dari klorofil adalah magnesium. Ketika magnesium masuk ke dalam tubuh, akan dicerna oleh tubuh dan menjadi zat besi. Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh karena dapat meningkat kualitas darah sehinggat peredaran darah dalam tubuh anda menjadi lancar.

2. Mencegah kanker

Klorofil mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sendiri banyak sekali fungsinya seperti menghilangkan karsinogen dan zat beracun lainnya di dalam tubuh. Dan intinya adalah dapat mencegah terjadinya kanker dalam tubuh anda.

3. Mengobati infeksi

Klorofil memiliki sifat antiseptik yang kuat sehingga mampu membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Di samping itu, klorofil membantu pembekuan darah serta penyembuhan luka sehingga mampu mencegah penyebaran infeksi.

4. Mencegah batu ginjal

Kandungan vitamin K di dalam klorofil membentuk senyawa penting dalam urin yang mampu mengurangi pertumbuhan kristal kalsium oksalat atau batu ginjal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Dan biasanya klorofil ini tersimpan dalam sayur-sayuran, jika anda juga mengkonsumsi sayuran tersebut, otomatis serat dalam sayur tersebut dapat membantu membersihkan usus anda, sehingga pencernaan dan pembuangan anda menjadi lancar. Baca juga : Cara Mengobati Batu Ginjal yang Berbahaya untuk Kesehatan kita

5. Menghilangkan racun dalam darah

Klorofil juga mempunyai efek khelasi, yaitu proses mengeluarkan logam berat dalam aliran darah. Jadi intinya adalah segala racun seperti logam berat dan lainnya dapat dibersihkan oleh klorofil ini.

6. Menghilangkan bau mulut

Karena klorofil mempunyai sifat anti bakteri di dalamnya, maka klorofil mampu membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut. Dan jika anda mengkonsumsi klorofil ini secara rutin mungkin anda tidak akan mengalami masalah bau mulut lagi.

7. Sebagai detoksifikasi

Klorofil ini juga dapat berfungsi sebagai detoksifikasi. Detoksifikasi sendiri adalah proses membersihkan racun dalam tubuh sehingga tubuh dapat dengan cepat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat racun.

8. Mengurangi sakit karena pankreatitis

Klorofil jika disuntikkan intravena membantu mengurangi rasa sakit dan gejala lain yang berhubungan dengan pankreatitis.

9. Menurunkan berat badan

Klorofil dapat mengendalikan nafsu makan anda dengan menjaga kadar gula darah stabil dalam tubuh. Jika kadar gula dalam tubuh stabil maka nafsu makan anda tidak akan menggebu-gebu sehingga dalam proses menurunkan berat badan akan lebih mudah.

10. Membangkitkan sistem kekebalan tubuh

Jika anda mengkonsumsi klorofil ini otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close