Pengobatan Herbal Telinga Berdengung | Dunia Informasi Kesehatan Pengobatan Herbal Telinga Berdengung


Telinga merupakan organ tubuh yang sangat vital. Untuk itulah, kita harus menjaga telinga kita agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Berbagai gangguan juga dapat terjadi pada telinga kita, diantaranya telinga berair ataupun telinga berdengung. Dan yang akan dibahas kali ini adalah telinga berdengung.

Telinga berdengung sangat menyiksa jika tidak segera di obati. Karena akan mengganggu pendengaran sekaligus menyakiti hingga bagian otak anda. Oleh dari itu dibawah ini akan dibahas penyebab dan pengobatan telinga berdengung.
Pengobatan Herbal Telinga Berdengung
Ilustrasi telinga berdengung

Faktor Penyebab Gangguan pada Telinga yang Berdengung

Penyebab dari telinga berdengung, antara lain :

1. Usia 
Kemampuan organ tubuh (termasuk telinga) akan mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia seseorang.

2. Suara yang Keras atau Bising
Akibat dari mendengarkan musik terlalu keras atau suara bising saat bekerja, dapat membuat telinga kehilangan keseimbangan. Hal inilah yang membuat telinga kita menjadi terganggu.

3. Akibat Sakit
Ketika sedang flu, kita sering merasakan gangguan pada pendengaran. Ini disebabkan karena lendir yang tertahan pada rongga hidung yang berhubungan langsung dengan saraf di telinga tertahan. Untuk itulah, mengapa saat kita sedang flu suara yang kita terima terdengar samar – samar.

4. Kotoran pada Telinga
Kotoran pada telinga ternyata bisa menjadi salah satu penyebab mengapa telinga berdengung.

5. Gangguan pada Gendang Telinga
Gendang telinga yang terganggu akibat cairan telinga atau kotoran telinga dapat menjadi penyebab telinga menjadi berdengung, karena gendang telinga hanya mampu menangkap suara pada ukuran normal hanya sekitar 85 db (desibel).

Resep Herbal Telinga Berdengung

Bagi anda yang sedang mengalami telinga bedengung, berikut ini penulis bagikan resep herbal untuk mengatasi gangguan pendengaran tersebut.

Resep 1 
Bahan : 10 gr daun sambiloto,  15 gr daun dewa dan daun pegagan kering, dan 10    butir biji teratai.

Cara membuat : Cuci semua daun tersebut hingga bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 700 cc sampai tersisa 300 cc. Saring rebusan tersebut, lalu minumlah sebanyak 2x sehari (sekali minum 150 cc) dan jangan lupa untuk memakan biji teratainya.

Resep 2 
Bahan : 30 gr buah murbei yang kering, 60 gr buah murbei yang segar, dan 3 buah manggis (ambil dagingnya saja)

Cara membuat : Cuci semua bahan hingga bersih, kemudian blender semua bahan menjadi  jus. Lalu minumlah jus tersebut.

Beberapa Cara untuk Mengatasi Telinga yang Berdengung

Selain dengan menggunakan obat herbal, maka untuk mengatasi telinga yang berdengung dapat dilakukan dengan cara :

1. Rajin membersihkan telinga kita menggunakan cuttonbud
Namun harus diperhatikan, jangan terlalu sering membersihkan telinga kita karena dapat mengakibatkan rasa sakit pada saat membersihkan telinga.

2. Jangan medengarkan musik dengan suara yang keras
Sebelumnya sudah dijelaskan penyebab dari telinga yang berdengung. Untuk itulah, saat mendengarkan musik, sebaiknya untuk mengatur volume suara agar tidak terlalu keras agar tidak merusak gendang telinga kita.

3. Hindari bahan makanan yang dapat menjadi penyebab pendengaran berdengung makin buruk
Ternyata, bahan makanan yang mengandung kafein, nikotin maupun alkohol dapat memperburuk keadaan telinga yang sedang berdengung. Untuk itu, hindari bahan makanan yang dapat memperburuk keadaan telinga anda.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai telinga berdengung, mulai dari faktor penyebab, obat herbal untuk mengatasi telinga yang berdengung hingga beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi telinga yang berdengung. Semoga cepat sembuh dan selamat mencoba. Baca juga : Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close