Manfaat Vitamin D untuk Kecantikan Kulit | Dunia Informasi Kesehatan Manfaat Vitamin D untuk Kecantikan Kulit


Vitamin D banyak dibutuhkan oleh tubuh, tidak terkecuali bagi kita yang hidup di zaman modern ini. Banyak di antara kita yang bekerja di kantor mulai dari pagi hari hingga sore hari tanpa sedikitpun terpapar sinar matahari.Bahkan, sebagian di antara kita mungkin ke kantor naik mobil sehingga tidak akan terkena sinar matahari sama sekali selama berhari-hari.

Hal ini tentu saja dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama tulang dan kulit kita. Bagi anda yang ingin tampil cantik, ada baiknya anda mengkonsumsi Vitamin D secara teratur dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Karena apabila anda kekurangan Vitamin D, tidak diragukan lagi penyakit jantung dan kanker kulit akan segera menyerang.

Manfaat Vitamin D untuk Kecantikan Kulit
Ilustrasi Kulit cantik karena vitamin D © shutterstock

Sumber Vitamin D

Kulit merupakan elemen penting untuk Vitamin D. Karena melalui kulit Vitamin D bisa sampai ke dalam tubuh kita. Kulit akan menerima Vitamin D dari matahari kemudian memprosesnya dan menyalurkannya ke dalam tubuh.

Jika anda tidak mendapatkan asupan Vitamin D melalui matahari, ternyata masih ada jalan lain yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan Vitamin D. Diantaranya adalah, dengan mengkonsumsi suplemenVitamin D.

Dari waktu ke waktu, semakin tua usia kita, kulit pun akan lebih sulit menerima asupan Vitamin D, terutama dari matahari. Hal ini dikarenakan kulit sudah mengalami berapa penurunan kemampuan.Kurangnya kemampuan kulit tersebut bisa kita lihat buktinya pada orang-orang tua, banyak orang tua yang terkena osteoporosis atau penyakit tulang, ini disebabkan karena mereka kekurangan Vitamin D. Baca juga : Apa Sajakah Manfaat Vitamin C Untuk Wajah?

Manfaat Vitamin D untuk kulit

Lalu sebenarnya bagaimana peran Vitamin D pada kulit kita? Apakah dengan banyak mengkonsumsi Vitamin D atau mengkonsumsi vitamin e dalam jumlah yang cukup akan membuat kulit kita menjadi cantik? Tentu saja iya! Karena kulit sama seperti semua organ di dalam tubuh kita, kulit juga membutuhkan vitamin.Vitamin D dibutuhkan oleh kulit sebagai bahan untuk meningkatkan elastisitas serta merangsang produksi kolagen. Tidak hanya itu, asupan Vitamin D yang cukup dapat meningkatkan kecerahan kulit, mengurangi garis-garis halus, bintik-bintik gelap, bahkan jerawat.

Dalam sebuah riset dikatakan bahwa banyak wanita yang kekurangan Vitamin D dan menjadi sakit akibat menggunakan tabir surya. Terutama penggunaan tabir surya setiap hari yangdimulai pada pagi hari sebelum mereka berangkat bekerja.Akibatnya, kulit mengalami penuaan dini dan rentan terhadap kanker. Seseorang yang selalu memakai tabir surya pada pagi hari sebelum berangkat bekerja, kulitnya akan menjadi pucat dan tidak sehat, walaupun tampak lebih putih. Baca juga : Vitamin Untuk Ibu Hamil

Sinar matahari vs suplemen Vitamin D, mana yang lebih baik?

Tahukah anda? Mengkosumsi suplemenVitamin D sebenarnya hanya bermanfaat untuk tubuh saja. Hal tersebut dikatakan oleh dr.Gross cross, dia mengingatkan bahwa,“suplemen Vitamin D memang baik untuk tubuh, tetapi tidak memberikan pengaruh atau manfaat apapun terhadap kulit. Hal ini berbeda dengan Vitamin D yang bersumber dari matahari yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh dan kulit sekaligus”.

Oleh karena itu, setidaknya kita harus terpapar sinar matahari pagi antara jam 06:00 hingga jam 09:00 selama 20 hingga 30 menit.Dan ini sudah cukup, dalam 20 hingga 30 menit kulit bisa memproduksi 10.000 iu Vitamin D.

Pentingnya Vitamin D juga bisa terlihat dari perannya dalam menggantikan sel-sel yang mati. Dalam 1 menit saja 30.000 s/d 40.000 sel mati dan harus diganti. Vitamin D terlibat secara langsung dalam proses ini. Vitamin D akan meremajakan dan mengganti sel kulit yang mati. Baca juga : 7 Macam Buah yang Mengandung Vitamin C

Apa akibatnya jika kelebihan Vitamin D?

Kelebihan Vitamin D dapat berbahaya bagi kulit, menyebabkan seorang mengalami beberapa gejala seperti pusing, mual dan muntah-muntah. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui berapa kadar Vitamin D yang anda butuhkan perhari-nya, agar tidak terjadi over dosis. Baca juga : 6 Macam Buah untuk Kesehatan Kulit Anda

Itulah beberapa manfaat vitamin D untuk kecantikan, jika terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Jadi sesuai kebutuhan saja.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close