Apa Penyebab Insomnia? Bagaimana Cara Mengatasinya? | Dunia Informasi Kesehatan Apa Penyebab Insomnia? Bagaimana Cara Mengatasinya?


Insomnia bukanlah merupakan penyakit, namun insomnia ini merupakan masalah mengenai kualitas tidur seseorang, biasanya sering dikenal dengan istilah "sulit tidur" akan tetapi pada kesehariannya disebut "INSOMNIA" ada juga yang menyebutnya "INSOMIA".

Kesulitan tidur tersebut menganggu kualitas tidur dan juga membuat penderitanya sulit untuk memulai tidur dengan baik. Masalah tidur ini dapat dialami oleh siapapun, baik itu wanita ataupun juga pria, cenderung semakin tua seseorang maka akan semakin rentan pula terserang gangguan tidur. Cara mengatasi insomnia ini juga cukup sulit karena jika anda mengubah jam tidur anda, mungkin insomnia ini akan timbul lagi.

Dengan adanya masalah ini ada baiknya kita harus cepat-cepat menanganinya, sebab apabila insomnia ini tidak ditangani secara dini akan terganggunya psikis dan juga biologis, menyangkut gangguan memori, emosi, depresi, kecamasan dan juga paranoid, bahkan untuk yang semakin parah akan menyebabkan penyakit jantung.

Apa Itu Insomnia? dan cara mengatasinya
Ilustrasi insomnia
Insomnia harus segera diatasi secara cepat karena akan membahayakan tubuh, untuk lebih memperjelas kami akan memberikan informasi jenis-jenis insomnia dan cara mengatasi insomnia tersebut.

Jenis-Jenis Insomnia

Secara garis besar jenis-jenis insomnia diklasifikasikan menjadi 3 jenis tergantung dari gejala medis ataupun psikologis yang sedang dialami, yaitu :

Insomnia Temporer
Untuk jenis insomnia ini biasanya berlangsung singkat, yaitu kurang dari satu minggu dan biasanya dipengaruhi oleh adanya faktor stress.

Insomnia akut
Untuk penderitanya biasanya dialami dalam waktu 1 bulan, penderita akan sulit untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur walaupun kondisinya sangat memungkinkan.

Insomnia kronis
Masalah tidur untuk jenis ini akan berlangsung selama 1 bulanan lebih, penderita masalah tidur kronis akan mengalami beberapa gejala seperti mengalami halusinasi parah dengan melihat benda-benda bergerak dan juga penglihatan ganda, yaitu melihat benda menjadi ganda.

Apabila anda tengah mengalami hal tersebut, di bawah ini akan kami berikan tips mengatasi insomnia.

Cara Mengatasi Insomnia

Cara mengatasi insomnia ini paling tidak dapat membantu anda dalam mengatasi masalah sulit tidur, adapun tips-tips yang dapat anda lakukan ialah :
  1. Usahakan untuk tidur dengan teratur dan jangan mengubah-ubah jam tidur anda, karena akan membuat anda sulit untuk tidur.
  2. Cara mengatasi insomnia ini, anda dapat mengakalinya dengan tidak tidur siang, karena dengan cara ini akan membuat anda tertidur di malam hari.
  3. Hindarilah makanan atau minuman yang berkafein dan bersoda sebelum tidur, karena penggunaan kafein akan membuat anda susah untuk tidur.
  4. Gunakanlah tempat tidur hanya sebagai tempat tidur, bukan untuk hal yang lain seperti bermain gadget dan lain sebagainya. Dengan cara ini akan membuat anda konsisten bahwa tempat tidur adalah tempat untuk mengistirahatkan tubuh bukan untuk melakukan hal-hal yang lain.
  5. Sering-seringlah untuk melakukan meditasi, karena dengan meditasi akan membuat pikiran menjadi tenang dan juga pikiran akan menjadi fresh, sehingga resiko terkena insomnia akan berkurang.
  6. Mendengar lagu-lagu harmoni juga merupakan cara mengatasi insomnia yang baik. Karena dapat membuat anda cepat tidur serta merelaksasi otak anda sehingga anda akan lebih tertidur. Jika anda rutin melakukan mungkin insomnia anda akan menghilang.
Bagaimana, sudah terjawabkah pertanyaan anda tentang cara mengatasi insomnia dan apa itu insomnia ? Semoga dengan adanya informasi mengenai insomnia ini dapat memberikan sedikit wawasan bagi anda. Dan tidur anda akan lebih berkualitas.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close