Cara Mengatasi Hidung Tersumbat | Dunia Informasi Kesehatan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat


Ketika kita sedang terkena flu, maka selain kita akan merasakan kepala yang pusing, kita juga akan merasakan yang namanya hidung tersumbat. Hidung tersumbat merupakan gangguan pada pernafasan, yaitu peradangan yang dapat membuat penyumbatan pada salah satu lubang hidung ataupun keduanya. Saat kita mengalami hidung tersumbat, pernafasan kita akan terganggu karena lendir tidak dapat bergerak dalam rongga hidung. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan terhadap aktivitas kita, terutama saat menjelang malam tiba yang dapat membuat kita susah untuk tidur.

Saat ini, sudah banyak obat hidung tersumbat yang dijual di pasaran. Namun, ada baiknya sebelum menggunakan obat yang banyak mengandung bahan kimia, kita bisa mencoba obat alami yang tidak hanya mudah didapat, tetapi juga tidak akan menimbulkan efek samping di kemudian hari. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Ilustrasi hidung tersumbat

Obat Hidung Tersumbat Yang Terbukti Ampuh

Adapun beberapa obat hidung tersumbat dapat anda lihat dibawah ini :

Uap

Uap akan sangat membantu saat kita mengalami hidung tersumbat. Caranya mudah, cukup tuangkan air hangat ke dalam mangkok. Lalu, dekatkan wajah anda ke dalam mangkok. Hirup uap panas yang dihasilkan dari air hangat tersebut.

Minyak kayu putih / inhaler 

Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke atas saputangan atau tisu kemudian hirup uapnya secara teratur. Sifat pada zat yang terkandung dalam minyak kayu putih ini dapat meredakan peradangan pada hidung.Atau anda juga dapat meneteskan minyak kayu putih ini ke dalam air hangat, dan kemudian dapat menghirup uapnya. Inhaler juga dapat digunakan, cukup dengan menghirup inhaler dan sifat menthol pada inhaler ini akan bekerja sebagai obat hidung tersumbat.

Posisi Tidur yang Benar

Mungkin selama ini kita berasumsi bahwa dengan tidur berbaring secara horizontal akan dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Namun sebenarnya hal itu salah. Sebaiknya kita menggunakan bantal sebagai sandaran untuk menopang tubuh bagian belakang dan dalam posisi yang tegak. Pada posisi ini, dapat memungkinkan lendir pada hidung untuk bergerak bebas dari bagian – bagian yang mengalami peradangan dan mengatasi penyumbatan agar tidak lebih parah.

Steaming 

Selama ini, kita hanya mengetahui manfaat steaming pada rambut saja, terutama penggunaannya setelah creambath. Ternyata, steaming juga mempunyai manfaat untuk mengatasi hidung yang sedang tersumbat. Caranya, siapkan handuk kecil  lalu baskom yang berisi air hangat. Celupkan handuk tersebut ke dalam baskom, lalu peras sedikit. Kemudian, lingkarkan handuk ke kepala anda, menutupi rambut. Proses steaming ini selain dapat membuat rambut sehat, dapat juga mengatasi peradangan pada hidung dan memperlancar aliran pernafasan. Perlu ditekankan air yang digunakan jangan terlalu panas, karena akan merusak rambut dan dapat melukai kulit kepala.

Makanan Pedas

Pernakah anda mengalami keringat yang bercucuran dan menjadi “pilek” seketika saat mengonsumsi makanan pedas? Ya, ternyata makanan pedas dapat digunakan sebagai obat untuk hidung tersumbat. Rasa pedas ini dapat membuat lendir menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan. Namun bagi anda yang memiliki penyakit maag, sangat tidak dianjurkan untuk mencoba hal ini karena dapat mengganggu lambung anda akibat makanan pedas.

Jika obat hidung tersumbat ini belum juga berhasil dan keadaan anda menjadi makin buruk, maka sebaiknya anda dapat mengonsultasikan diri anda ke dokter terdekat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.