5 Obat Mencret Tradisional dari Bahan-Bahan Alami | Dunia Informasi Kesehatan 5 Obat Mencret Tradisional dari Bahan-Bahan Alami


Mencret atau diare merupakan penyakit yang menyerang saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Diare akan membuat seseorang selalu buang air besar yang terus-menerus minimal 3 kali dalam sehari. Selain itu feses juga berbentuk cairan hal itu disebabkan penyerapan air pada usus yang mengalami gangguan. Jika diare yang parah biasanya di ikuti dengan mual dan muntah-muntah serta tubuh yang lemas.

Diare yang terus menerus akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan akan membuat tubuh pingsan serta bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu anda harus segera mengobatinya. Inilah obat mencret alami yang bisa anda lakukan sebagai penanganan pertama obat mencret.

Obat Mencret Tradisional
Obat Mencret Tradisional © shutterstock

Jambu Biji

Jambu biji dan daun jambu biji sudah sangat ampuh sebagai obat mencret yang alami. Sudah banyak orang yang menggunakan cara ini dan terbukti mampu menyembuhkan penyakit diare atau mencret. Caranya anda bisa langsung mengkonsumsi secara langsung buah jambu biji. Selain itu anda juga bisa mengambil daun jambu biji yang masih muda kemudian ditumbuk dan ditambah dengan sedikit garam. Obat alami mencret ini akan menyembuhkan penyakit mencret anda secara alami dan menghilangkan rasa sakit perut. Anda juga dapat mengunyah langsung daun jambu biji yang bagian pucuk dan masih muda.

Kunyit

Kunyit juga dapat dijadikan obat mencret yang alami. Kunyit terkenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Caranya sangat mudah untuk membuat obat alami ini. Ambil kunyit sebesar ½ jari, kapur sirih satu sendok teh, dan satu gelas air putih. Bersihkan kunyit dan cuci sampai bersih. Kemudian rebus kunyit dalam 1 gelas air sampai tersisa 1/3 air dalam panci. Tambahkan kapur sirih aduk sampai rata. Setelah dingin, saring air tersebut. Kemudian konsumsi 3 kali dalam sehari. Minum beberapa kali sampai diare anda sembuh.

Akar Jeruk Nipis

Akar jeruk nipis mungkin dianggap sebagian orang tidak ada gunanya. Tetapi ternyata akar jeruk nipis dapat berguna sebagai obat mencret yang alami. Ambil 8 akar jeruk nipis bersihkan dan cuci sampai bersih. Rebus akar jeruk nipis dalam 12 gelas air putih sampai tersisa 8 gelas air rebusan akar jeruk nipis. Setelah rebusan akar jeruk nipis dingin, saring akar jeruk nipis. Kemudian minumlah dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Minum secara rutin sampai penyakit diare anda sembuh.

Larutan Oralit

Larutan oralit merupakan obat mencret yang paling ampuh. Cairan oralit dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Anda bisa membuat larutan oralit sendiri dirumah yaitu dengan mencampur garam dengan air putih atau anda bisa membeli larutan oralit di apotek terdekat. Minum larutan oralit juga tidak sembarangan. Minum larutan oralit sedikit demi sedikit 2 sampai 3 kali teggukan. Kemudian berhenti kurang lebih selama 3 menit. Lakukan hal tersebut secara berulang sampai larutan oralit habis.

Air Kelapa

Air kelapa juga dapat dijadikan obat mencret yang alami. Air kelapa mengandung elektrolit yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh dan juga dapat membunuh bakteri penyebab diare. Caranya anda cukup minum air kelapa murni tanpa gula, es atau sirup. Minum secara rutin sampai mencret anda sembuh.

Itulah 5 obat mencret tradisional yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan mencret. Obat tersebut dapat anda temukan dengan mudah disekitar tempat tinggal anda. cara membuatnya pun sangat mudah. Jika diare anda sampai beberapa hari tidak sembuh-sembuh, anda harus segera memeriksanya ke dokter. Selain itu makanlah makanan yang mengandung banyak serat dan juga banyak konsumsi air putih setiap harinya.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.