Beberapa Contoh Penyebab Gagal Ginjal | Dunia Informasi Kesehatan Beberapa Contoh Penyebab Gagal Ginjal


Ginjal adalah organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Fungsi ginjal selain menyaring darah dan menyingkirkan zat-zat yang tidak diinginkan tubuh kita, ginjal juga berfungsi memberikan keseimbangan kadar elektrolit yang ada pada tubuh manusia. Selain itu, ginjal juga berfungsi mengontrol tekanan darah dan memberikan stimulan pada produksi sel darag merah.

Ginjal manusia berada di pinggang atas di bagian belakang. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal. Namun pada dasarnya, gagal ginjal terjadi karena penyakit serius yang diderita, sehingga akan mempengaruhi dan merusak fungsi ginjal. Beberapa penyakit serius yang sering menyebabkan terjadinya gagal ginjal adalah hipertensi atau darah tinggi dan diabetes.

Beberapa contoh penyebab gagal ginjal yang paling ditemui dan cara mencegahnya.
Ilustrasi gagal ginjal sumber : Shutterstock.com
Penyebab gagal ginjal juga bisa dikarenakan adanya penyumbatan pada saluran kemih. Penyumbatan pada saluran kemih ini bisa saja disebabkan karena adanya batu, penyempitan atau striktur atau juga bisa karena tumor. Penyebab lainnya adalah penderita mengidap penyakit kanker. Kelainan ginjal juga bisa menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal. Kelainan pada ginjal biasanya ada banyak kista di organ ginjal itu sendiri.

Selain itu, jika sel penyaring yang ada pada ginjal rusak karena peradangan atau infeksi juga akan menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Penyakit lain yang bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal jika penyakit tersebut tidak segera diobati adalah muntaber dan pendarahan. Hal ini dikarenakan tubuh kehilangan banyak cairan secara mendadak.

Setelah kita mengetahui penyebab gagal ginjal, kini kita akan masuk untuk membahas tanda dan gejala penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri dibedakan menjadi dua yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Tanda dan gejala penyakit gagal ginjal akut yang sering dialami penderita adalah bengkak pada mata dan kaki, kemudian nyeri pinggang yang hebat, kencing yang sakit, demam, kencing sedikit, kencing disertai dengan darah, sering kecing.

Dan tanda dan gejala yang terjadi pada penderita gagal ginjal kronik antara lain yaitu lemas, tidak bertenaga, kurangnya nafsu makan, muntah, mual, bengkak, gatal, kencing berkurang, pucat, dan juga sesak nafas.

Setelah mengetahui bagaimana penyebab gagal ginjal ini terjadi, kira bisa melakukan beberapa pencegahan meskipun sebenarnya pada gagal ginjal akut tidak mungkin untuk dicegah maupun diperkirakan. Hal yang bisa kita lakukan adalah menjaga kesehatan ginjal kita. Cara menjaga ginjal kita antara lain adalah saat kita mengkonsumsi obat tanpa resep dokter, ikutilah petunjuk yang ada pada obat tersebut.

Dosis yang tinggi karena penggunaan obat dapat menyebabkan gagal ginjal. Jika anda sudah terdiagnosa terkena gagal ginjal, ikutilah semua nasihat dokter untuk mengontrol tubuh anda dan tidak membuat ginjal semakin rusak. Dengan begini paling tidak ginjal akan terjaga kesehatannya dan diharapkan ginjal dapat tetap sehat.

Baca juga informasi yang lain mengenai cara mengobati batu ginjal.

Baca Juga Ini

[random][fbig1]
Powered by Blogger.
close